Thursday 22 December 2011

YES! I'M IN SEOUL!!!!

Posted by plopipay at 20:57
Kurang lebih sebulan yang lalu, gue berangkat ke salah satu tempat yang pengen banget gue kunjungi, ya Korea Selatan. Selama disana banyak banget hal menyenangkan terjadi sama gue, hal yang mungkin merupakan sebuah life-changing buat gue, hal yang baru pertama kali gue alami. Bahkan sampai sekarang kalo gue inget-inget tentang delapan hari gue yang indah selama disana, gue ga bisa berhenti ngembangin senyum. Gue merasa beruntung, bukan cuma karena gue bisa berangkat kesana, tapi karena hal-hal menarik yang gue alami selama disana.

Amazing!
Itu kata-kata yang pertama kali keluar dari mulut gue ketika pesawat baru landing, amazing karena akhirnya gue bisa berada disini, amazing karena ini semua hasil jeripayah gue dan ponakan gue selama beberapa bulan sebelumnya untuk ngumpulin duit, dan amazing karena bahkan sampai sekarang gue masih ga percaya ini terjadi sama gue.

inside incheon airport
Jujur aja, ini bukan pertama kalinya gue berangkat ke luar negeri, tapi ini pertama kalinya gue usaha keras buat menghasilkan uang sendiri untuk bepergian dan rasanya spektakuler. Ide ini muncul sekitar bulan maret-april. Saat itu kita lagi dalam penerbangan dari Malaysia ke Indonesia, tiba-tiba ponakan gue bilang "kenapa kita ga coba ke korea akhir tahun ini" gara-gara satu kalimat singkat itu, gue dan dua ponakan bertekat untuk mengumpulkan uang demi berangkat tahun ini.

Bukannya orang tua ga mampu membiayai, tapi kita pikir meminta uang sebanyak itu cuma buat berlibur dan bersenang-senang rasanya bakalan bikin beban orang tua, instead we collect our own money. and VOILA~ WE'RE HERE!

Tepatnya tanggal 16 November, waktu itu kita udah sampai di Incheon Airport. Gue bener-bener amazed sama airport ini, desainnya rumit dan elegan. Dengan hati riang, gue melangkahkan kaki walaupun dalam hati sedikit deg-degan. Gue tiba sekitar jam 11 malem, makanya kita mutusin untuk menginap dulu di penginapan di daerah Incheon. Gue dan salah satu ponakan gue, Bela nyoba make telepon umum buat nelpon pemilik guesthouse biar bisa menjemput kita di bandara. Coba utak-atik telepon tersebut sampai beberapa menit tetep ga bisa dipake buat telepon. Tiba-tiba ada bapak-bapak menghampiri gue dan ngasih tau cara buat make telepon tersebut tapi tetep ga ngerti, terus tau apa yang terjadi? Bapak-bapak tersebut mengeluarkan hp miliknya dan meminta nomor yang mau kami hubungi, bapak tersebut berbicara dalam bahasa korea meminta pemilik penginapan untuk menjemput kami.

Gue bener-bener takjub sama kebaikan hati orang tersebut, jujur aja deh awalnya gue sempet takut waktu itu bapak tersebut mendekati kami soalnya saat itu bandara udah bener-bener sepi. Gue mengucapkan terima kasih berulang-ulang. Beberapa menit kemudian gue shock karena gue baru inget bapak-bapak tadi adalah seorang supir taksi yang tadi sempet nawarin taksi ke gue. Ga nyangka aja, instead nawarin untuk nganter kita ke penginapan dengan taksinya dan menambah penghasilannya, dia malah membantu menelepon menggunakan hpnya sendiri. Driver ahjussi, jeongmal gamsahamnida, I will never ever forget your kindness toward us. If its not you we might be stay over night in the airport. Thank you :)

Sambil nunggu jemputan, gue sama ponakan gue yang satu lagi, Rema, iseng-iseng keluar untuk foto-foto, dan itu bener-bener satu pengalaman pertama gue yang sangat luar biasa ketika gue untuk pertama kalinya merasakan hawa dingin musim gugur. gue sempet startled, karena biasanya di daerah gue keluar ruangan berarti lebih panas, tapi malem itu begitu keluar gue langsung disambut angin lembut dengan hawa dingin yang menyenangkan, untuk sepersekian detik gue kira gue masuk ke dalem kulkas... hehe.. menyenangkan.

Ga lama kemudian jemputan kita dateng, dan kita semua langsung dianter ke guesthouse menggunakan van. Selama 2 malem kita bakal nginep di Global Guesthouse, ini sebenernya apartemen gitu, makanya pas gue masuk ke kamar gue, lagi-lagi gue dibikin kagum, kamarnya luas dan lengkap isinya, ada tempat masak, ada mesin cuci, tempat jemur, dll. View keluar kamar juga ga kalah indah.
Malam itu merupakan salah satu malam terbaik gue. Bahkan sebelum tidur gue masih sempet senyam senyum kayak orang gila saking senengnya.

Besoknya, sekitar jam 9, gue, bela, rema, dan satu temen gue ririn, siap berangkat menuju kota Seoul. Dari Incheon ke Seoul bisa menggunakan bus, KRX, atau taxi. Nah untuk yang Bus dan KRX naiknya mesti dari Incheon Airport. Jadilah pagi itu gue sama yang lain menuju airport dulu sebelum naik KRX. Suasana pagi disana menurut gue cantik, langitnya gloomy dengan warna putih keabu-abuan yang lembut dan juga hawa dingin yang bener-bener nyenengin.

Bandara yang terlalu luas itu bagus sih, keren sih, tapi menyebalkan yaaa karena mau menuju ke airport railroad aja jalannya jauh banget, tapi untungnya bangunan airport artistik banget jadi ga bikin bosen.

Incheon Airport
Dari Incheon ke Seoul menggunakan KRX itu makan waktu sekitar 40 menitan, karena terlalu excited gue sampe ga bisa tidur pules selama perjalanan, keburu pengen liat pusat kotanya Korea Selatan XD. Setibanya disana lagi-lagi gue takjub sama keindahan kotanya. Semua terlihat teratur, rapi, bersih, dan meskipun banyak kendaraan ga tau kenapa udaranya masih terasa segar.

Gue dan yang lain ga buang-buang waktu untuk segera menikmati kota Seoul, kita berjalan-jalan kaki sambil melihat keindahan sekaligus kesibukan kota ini. Bener kata orang-orang yang pernah kesini kalau Seoul itu kota yang paling enak dinikmati dengan berjalan kaki. Dikiri-kanan jalannya terdapat bermacam-macam ragam coffee shop, mulai dari yang mungil sampai yang bangunannya sedikit mewah. Saat itu kita udah ada tujuan mau ke Handel & Gretel, coffee shop milik orang tua dari kpop artis Yesung (Super Junior member) jadi kita menahan diri untuk ga mampir ke coffee shop yang terlihat cute di sepanjang jalan. dan nyari Handel & Gretel ini bukan perkara mudah! Kita ngelilingin Yeouido berjam-jam demi menemukan tempat ini. Sambil mencari, gue juga sempet liat gedung KBS,  itu loh, broadcast yang biasa menayangkan drama-drama korea yang jadi favorit cewek-cewek keke... Terus juga sempet ke Yeouido Park, taman indah yang berada ditengah-tengah gedung pencakar langit.

Jadi tuh katanya, Yeouido Park itu sengaja dibuat di tengah-tengah bangunan-bangunan kantor yang tinggi biar para pekerja dan karyawan kantor bisa sedikit rileks dan ga terlalu tertekan. Baik banget yak pemerintahnya.

Crossbridge

Yeouido Park

me at yeouido park. *excuse my stupid-looking-face* keke

still at yeouido park, yeppoji?

KBS building

Abis berjam-jam jalan kaki, akhirnya nemu juga itu yang namanya Handel & Gretel, tempatnya sebenernya sih kalo udah paham wilayah yeouido bakal gampang banget dicari tapi namanya kita baru pertama disini jadi ya ribet sampe jalan kaki lebih dari 4 jam buat nyari tempat ini tapi worth banget sih karena ada moment-moment lucu selama berada di cafe ini :3