Tuesday 20 December 2011

Urban Zakapa... I have crush on you XD

Posted by plopipay at 06:03

Kalau masyarakat indonesia lagi terkena sindrom boyband-girlband korea, gue justru lagi keranjingan banget sama Urban Zakapa. Sama-sama korea sih, tapi yang ini bukan nari dan nyanyi rame-rame kayak musisi korea lainnya. Urban Zakapa ini band indie korea, beranggotakan sembilan anak muda yang amat sangat memiliki talenta luar biasa yang bener-bener bikin gue kagum sampai merinding. 4 vokalis (tapi kayaknya yang satu udah ga aktif lagi), dan 5 instrumentalist.

Keempat vokalis tersebut punya ciri khas masing-masing, Kwon Soon Il dengan suara super lembutnya bikin yang denger berasa mengawang-ngawang, Jo Hyuna dengan teknik vokalnya yang ga diragukan lagi, dia juga  sering jadi featuring penyanyi-penyanyi korea, Park Young In dengan suara yang khas banget, pokoknya sekali denger udah pasti tau deh kalo itu suaranya dia, terus yang terakhir Choi Jae Man, gue suka banget nih suara dia, kadang kalo lagi kumat, dengerin lagu mereka tapi cuma partnya Jae Man hehe.

Band ini mengusung tema musik jazz yang bener-bener easy listening. Awalnya gue males dengerin lagu-lagu mereka karena gue pikir paling sama aja kayak lagu band-band korea karena gue kurang suka, terus ada temen di twitter yang nyaranin suruh dengerin, ternyata gue malah jatuh cinta sedalem-dalemnya sama mereka. Dan lagu Caffe Latte lah yang membuat gue jadi segini gilanya sama mereka. Diawal lagu udah disambut sama suara Choi Jae Man yang berat menyentuh, disusul dengan suara Kwon Soon Il yang soft, kombinasi luar biasa lah kalau kata gue. Pokoknya tiap denger lagu ini pasti bikin imajinasi meningkat sampai kadar mampu mencium aroma latte yang hangat hihi... Gue paling suka Caffe Latte yang versi reprise di album 01 karena yang ini lebih kaya musik dan suara mereka lebih kedengeran nyatu aja di versi ini ketimbang di main version ataupun versi arpeggio.

Bukan korea namanya kalau lagunya ga mengandung makna lirik yang wah! Di lagu Caffe Latte ini, walaupun musiknya kedengeran indah, tapi sebenernya ini lagu orang yang baru putus dan perlahan-lahan mulai ngelupain pacarnya. Pernah denger ga quotes kayak gini "People tend to torture themselves by listening to mellow-dramatic song when they're feeling down". Nah, disini Urban Zakapa membuat lagu patah hati yang terdengar menguatkan bukan justru bikin kita nangis bergalon-galon, pada bagian intro aja liriknya udah bikin kita yang patah hati ini merasa lebih baik.

"Gwenchana... nega eobneun nado gwenchana
Gaggeumshik saenggaknaneun naldo gwenchana..."
---
"It's alright, I, even without you, I'm alright
Even sometimes I still remember that day, I'm alright..."

Asik ga sih liriknya? Bukannya bikin galau malah bikin oke lagi, elaaah bahasan gue ABG banget haha.
Tapi selain lagu Caffe Latte ini ada juga loh lagu yang menurut gue merupakan the most beautiful goodbye-song abad ini, judulnya My Love, bukaaan. Bukan My Love-nya Acha ft Irwansyah. Lagu My Love milik Urban Zakapa ini favorit gue banget, pernah tuh gue sampe ngulang-ngulang muter ini lagu ada sampai 30 kali dalam sehari. Alunan musik jazznya romantis juga painful, suaranya Hyuna bikin tambah kuat kesan patah hati, emosinya dapet banget.

Overall lagu-lagu Urban Zakapa ini kalo kata gue bisa didengerin disegala occasion, mau lagi bete, lagi patah hati, lagi jatuh cinta, lagi dilema, lagi diem aja, lagi nongkrong di jamban, lagi makan gorengan, lagi apa aja deh, lagu-lagu mereka bisa menimbulkan rasa nyaman, ya tipikal musik jazz sih, bikin kita berasa masuk kedunia lain XD. Kalo di korea sendiri, kemarin gue sering banget denger lagu-lagu mereka diputer di coffee shop, jadi minum Caramel Macchiato atau Coffee Americano ditambah lagu-lagu mereka, apa ga tambah rileks jadinya.

Oh iya berbicara soal musik indie jadi pengen menyinggung soal ini sedikit,  kpop lovers pasti pada tau dong gimana perlakuan kebanyakan agensi-agensi di korea yang selalu menekan artisnya dan membuat artisnya bernyanyi sesuai permintaan pasar, sehingga artisnya menjadi sulit untuk bergerak. Sementara musisi indie menciptakan lagu, bernyanyi, memproduksi musik, dll, semua dilakukan oleh mereka sendiri, makanya ketika mendengarkan lagu-lagu meraka ada semacem rasa bebas didalemnya, rasa bebas untuk mengekspresikan musik yang mereka suka dan ingin mereka bawakan tanpa ada tekanan darimanapun, semua murni mereka kerjakan sendiri.

Seperti Urban Zakapa ini, mereka mengusung tema yang memang mereka suka dan sesuai dengan kemampuan mereka, juga musik yang mereka bawakan tidak bergantung dengan selera pasar. Jadi, bener-bener apa yang mereka mau. Sayangnya hal itu ga menguntungkan dari segi kepopuleran mereka, dengan sedemikian luar biasa talenta yang mereka miliki nama mereka belum begitu familiar dikalangan masyarakat, bahkan kpoppers sendiri pasti banyak yang ga ngenalin mereka. Makanya gue sengaja nih nulis tentang mereka di blog ini, gue pengen lebih banyak lagi orang yang kenal sama Urban Zakapa dan musik-musik yang mereka bawakan, karena gue takut kalau orang-orang dengan precious talent tersebut pada akhirnya lenyap gitu aja tanpa ada orang yang peduli. Jangan sampe deh :~~~;

Gue bagiin dikit nih, recommended songs-nya Urban Zakapa dari gue.. Didengerin yak, dijamin pasti suka!

Caffe Latte



My Love



Fly Away



Crush



Always Be Mine



ps. sebenernya masih ada lagi musisi-musisi k-indie yang sama bagusnya dengan mereka, tar deh gue share lagi XD

0 comments:

Post a Comment

 

Complete Mess Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review