Tuesday 3 April 2012

Say no to anarkis!

Posted by plopipay at 09:33
Dimana-mana lagi masih seru ngomongin soal BBM yang kemarin sempet mau naik, ada yang masih marah-marah ga jelas, ada yang masih bingung, ada yang sok bego ga tau apa-apa, ada yang ga peduli, tapi jarang sih ditemuin ada yang puas sama hasil sidang "kocak" soal penundaan kenaikan BBM.

Daripada bahas soal pemerintah yang ga ada habisnya dan sangat menyayat hati, kali ini pengen fokus membahas peran MAHASISWA untuk rakyat. Kita tau kalo daridulu para mahasiswa terkenal sebagai kesatuan pembela hak-hak rakyat, sebagai generasi penerus bangsa, dan punya peranan penting juga buat kehidupan sosial masyarakat indonesia. Sayangnya, sekarang ini mahasiswa udah kayak terlalu terbuai sama predikat mereka itu, bukannya jadi penyalur aspirasi masyarakat ke pemerintah, sebagian dari mereka malah meresahkan masyarakat dengan tingkah laku mereka yang ga mencerminkan diri sebagai sekumpulan kaum intelektual.

Ada loh alasan kenapa nama MAHASISWA diberikan kepada jenjang tertinggi dalam dunia pendidikan, dari kata MAHA aja kita udah bisa menangkap jelas makna dan sikap yang harusnya tercermin dari mereka. Kenyataannya sesuai dari obrolan-obrolan ringan yang bisa didenger kalo lagi ikutan nyempil dikerumunan ibu-ibu yang lagi pada beli sayur atau obrolan serius sekelompok bapak-bapak di warung kopi, rata-rata pada sebel sama kelakuan anak-anak yang demo disana-sini, ada yang terganggu yang harusnya nganter anak ke sekolah cuma 15 menit jadi setengah jam, dll. we'll get to that later..

Kita tau pasti, niat para pendemo (yang kebanyakan mahasiswa)itu jelas sangat mulia, untuk membela rakyat kecil dan pastinya rakyat bersyukur banget punya kelompok masyarakat yang mau bela rakyat disaat pemerintah kayak angkat tangan dan kadang kayak lupa kalo rakyat ini tanggung jawab mereka tapi apa yang terjadi beberapa waktu lalu bukan pembelaan yang diharapkan oleh rakyat kecil dan kalau boleh jujur itu justru MEMPERSULIT mereka.

Tadi pagi barusan dapet info dari kakak kalo barang-barang dipasar udah pada naik aja, juga bahan baku untuk produksi barang dagangannya. Apa yang ditakutin sama ibu-ibu yang sebelum putusan sidang BBM naik diumumkan akhirnya toh bener terjadi. Beberapa waktu sebelumnya mereka sempet ngomong, kalo biasanya para pedagang kecil (atau besar juga deh) udah pada buru-buru aja naikin barangnya malah sebelum bbm diputuskan untuk naik atau ga. Lah, kalo udah gitu, premium ditunda naik 6 bulan lagi tapi barang-barang udah pada naik dan itu kecil banget deh kemungkinan untuk pedagang mau nurunin lagi barangnya ke harga normal. Lebih ga ngenakin lagi karena kalo 6 bulan kedepan resmi premium naik otomoatis harga barang naik lagi dong? Berarti barang-barang dalam setahun mengalami kenaikan harga dua kali dong? padahal BBM (premium) nya cuma mengalami kenaikan cuma sekali, hayoooo kalo udah gini yang rugi siapa?

Gaji suami ga naik -> Uang belanja tetap -> Ibu mesti lebih irit -> Uang bulanan anak tetap atau dikurangin -> harga makanan jadi sedikit lebih mahal (untuk anak kos)

Jujur deh sebenernya aku masih kurang ngerti sama pendemo atau yang againts sama bbm non-subsidi. Mungkin pemerintah kita sekarang bukan pemerintah terbaik yang pernah kita punya, tapi apa ga bisa gitu ya kita biarkan mereka coba buat ngerjain apa yang jadi tugas mereka? Kemarin sempet sebel sama orang-orang yang againts atau menentang bbm naik maksudnya gimana ya, belum juga apa-apa udah pada nentang, emang mereka paranormal yang sok ngerasa kalo itu bakal merugikan mereka?

Oke, oke. Aku juga tau kalo pemerintah kita susah buat dikasih kepercayaan lagi setelah semua yang terjadi tapi bukan berarti kita harus terus-terusan ngelawan apa yang mereka coba usahakan, jangan juga lah terlalu berpikiran negatif sama mereka. Kita ga tau kan apa yang ada didalam hati masing-masing diri orang, yah pembunuh paling keji aja kalo emang udah waktunya pintu hatinya kebuka bisa tiba-tiba mau tobat dan jadi orang paling dermawan sedunia, masa pemerintah kita ga bisa?

Pernah denger ga istilah "You are WHAT you think you are!" - "Apa yang kamu pikir tentang dirimu ya itulah dirimu". Kalimat yang simpel tapi coba deh dipikir-pikirin lagi, kalo kita terus judge pemerintah cuma bisa ngerugiin kita ya seumur hidup hati kita ga bakal bisa kebuka lagi buat percaya sedikit sama mereka.

Mungkin ada yang beranggapan, 'enteng banget ni bocah ngomong gini panjang lebar. paling hidup numpang dompet bapaknya" sini langsung aja yuk tonjok-tonjokan kalo ada yang ngomong gini.. hehe ga deng takuuuutt. Sebenernya aku punya pikiran kayak gini karena sempet denger cerita menakjubkan dari seseorang. Mau tau ceritanya?

umhhh~ ceritain ga yahhh....

....

....

Jadi waktu itu akhir 2011 kemarin aku coba-coba pergi ke korea dengan modal nekat dan uang seadanya dari hasil keringet sendiri, jangan asal judge dong kebiasaan ya... :D (nantilah di post selanjutnya aku ceritain gimana caranya biar punya willpower untuk mencapai apa yang dimau dengan usaha sendiri) Disana punya kenalan yang asik banget, dia cerita banyak soal negaranya. Singkatnya, dia cerita soal gimana orang korea itu dulu strugle dan hidup dalam kemiskinan, ga punya apa-apa. Sumber daya alam terbatas. Tapi dengan sikap ambisius dan bertanggung jawabnya, pemerintah sana ajak masyarakatnya untuk bangkit dari keterpurukan.

Banyak hal yang dilakukan pemerintah sana salah satunya bikin harga BBM dan parkiran melunjak setinggi-tingginya. Loh, kok? LOH...? KOK? Kira-kira gini nih ya, kan bbm mahal tuh, otomatis sedikit demi sedikit kas negara bertambah dari keuntungan penjualan BBM, beda dengan disini bersubsidi, bukannya untung malah buntung! tiap pasokan bbm masuk pemerintah kudu mijet kepala dulu biar ga pusing muterin uang kas negara buat bayarin subsidi, rugi dong dapetnya. Nah, keuntungan dari bbm tersebut dibuatlah sarana transportasi umum kayak MRT, bus, persewaan sepeda, trotoar lebar, jembatan penyeberangan, dll buat rakyatnya.

Sarana transport udah banyak tersedia, masyarakat sana mulai ninggalin tuh kendaraan pribadi dengan alesan ongkos transport jauh jauh jauuuuuuuh lebih murah ketimbang beli bensin. Berarti pemerintah ga dapet lagi dong uang keuntungan dr BBM?

Bener! tapi ada gantinya, yaa uang dari pajak-pajak transport umum, pajaknya ga mahal sih katanya tapi karena unitnya banyak jadi nutup deh untuk dana perbaikan jalan dan lain-lain, endingnya VOILA masyarakatnya sejahtera seperti yang bisa kita liat saat ini.

Itu maksud aku, kenapa kita main judge kalo bbm naik itu merugikan? Belum tentu! Gimana kalo ternyata pemerintah mau coba cara yang ditempuh sama pemerintah korea dulu, buktinya ada rencana pembangunan MRT, bukannya itu namanya seengaknya pemerintah punya rencana dikepala mereka. Kenapa harus kita hancurkan?

Paling ga kita bisa ajukan semacem persyaratan, misal kalo cara ini ga ada untungnya buat rakyat dalam satu tahun kedepan baru deh boleh didemo habis-habisan, jadi semacem masa trial gitu. Untuk apa bertindak anarkis dan merugikan masyarakat luas, bikin orang takut keluar rumah, ganggu lalu lintas, belum lagi kelompok bego, iya BEGO yang demo deket rumah sakit. Ga ngerti deh itu gobloknya udah sampe level apa, jelas-jelas itu tempat orang sakit, gimana kalo ada ambulans dg pasien darurat mau lewat kan jadi susah. Belum lagi sekarang ini gedung ini, gedung itu minta dana perbaikan hasil dari tindakan anarkis pendemo, jumlah dananya ga sedikit loh. Puluhan juta minimal itu, tau lah toilet aja sampai 2M, apalagi bagian depan gedung yang rusak. Bedakan lah prilaku yang bisa menguntungkan sama merugikan.

Kalo pendemo (khususnya kalangan mahasiswa) terus-terusan bertindak kaya gini, terus kedepannya rakyat-rakyat kecil di Indonesia yang suaranya jarang didenger mau bergantung sama siapa lagi??? Please behave. Kalo mau nyampein aspirasi, lakukan dengan pintar, tunjukan kalo uang puluhan juta yang digunain untuk biaya kuliah itu bener-bener ada gunanya. Jangan sampe malah bikin pikiran primitif sebagian rakyat indonesia tentang 'ga perlu kuliah' itu tambah menjadi-jadi. Buktiin dong kalo sekolah tinggi itu bawa dampak yang luar biasa positif buat kemajuan tanah air.

A very simple quotes "Jangan meminta pada Tuhan untuk merubah dunia, mintalah pada-Nya kekuatan untukmu agar dapat merubah dunia"

0 comments:

Post a Comment

 

Complete Mess Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review