Friday 6 April 2012

Nabung bukan soal kaya atau miskin~

Posted by plopipay at 02:42
Namanya nabung itu emang susah banget, kadang alesannya lupa lah, uangnya ga ada lah, atau udah nabung banyak tiba-tiba ada keperluan "kurang" mendesak yang bikin kita akhirnya rela ngeluarin uang yang udah susah payah disimpen.

Kenapa bisa gitu yaaa?

Simply karena tujuan yang ga nyata. Jadi gini, waktu itu aku nonton acara Golden Ways, Mario Teguh, beliau bilang hemat itu bukan cara untuk menjadi kaya, hemat itu cuma bisa ngurangin masalah yang timbul dalam jangka waktu yang pendek. Kalo mau kaya ya harus usaha buat nambah pemasukan. Nah, itu maksud aku. Banyak orang yang nganggep kalo nabung dan hemat itu berada dalam kategori yang sama padahal kalo menurutku pribadi, itu beda. Kalo mau hemat, salah satu caranya ya harus nabung, tapi kalo mau nabung, apa berarti orang itu sedang berhemat? Ga kan?

Kebanyakan orang terlalu fokus sama yang namanya penghematan supaya bisa nabung dan ngumpulin uang, ujung-ujungnya bukan dapet banyak uang yang ada malah garuk-garuk kepala aja karena pusing uang selalu habis, boro-boro buat nabung, buat makan tar malem aja ga tau pake uang apa. itu kata-kata anak kos banget ya kayaknya.

Sekali lagi hemat dan nabung itu beda loh ya. hemat bersifat paksaan, mengharuskan kita menderita supaya ada uang buat disimpen untuk hal-hal lain sedangkan nabung, bisa dijadikan hobi kalo kita mau. Sesuatu itu ga perlu lah dijadikan rumit, kalo mindset kita bisa diajak kerjasama, namanya nabung pasti bukan hal yang bikin tertekan. Buat tujuan nabung yang sifatnya konkrit, nyata, bisa diliat, diraba, didenger, bukan tujuan yang abstrak dan belum jelas wujudnya.

Bingung nentuin tujuannya apa? Perlu aku kasih list juga nih, kali bisa dipake hehe. Nggg... tujuan bebas, mau yang hal-hal kecil, simpel, atau yang terkesan muluk-muluk, selama yakin kalo bakal mampu mewujudkannya kenapa mesti minder, yang penting itu jelas.   

1. Beli trilogy The Hunger Games
2. Traktir keluarga atau temen di ultah tahun depan
3. Solo traveling liburan semester depan
4. Beli ipod touch 4th gen biar bisa denger musik lebih leluasa
5. Nonton konser 30 Second to Mars bareng temen-temen
6. Backpacking ke eropa bulan November 2014
7. Beli tiket untuk ke Jepang tahun 2013 (tanggal tergantung promo tiket)
8. Tambahan buat seserahan lamaran 7 bulan lagi. Akhirnya nikah juga ane bos.
9. Dikasih rejeki nih 9 bulan lagi, cewek ato cowok bukan masalah, yang penting pas diadministrasi rumah sakit ga perlu garuk-garuk kepala
10. Uang kost bulan ini. 
dll.

Kalo udah terbiasa nyimpen uang dengan hati riang, pasti kedepannya ga bakal berat lagi. Jangan jadiin beban, jangan mikirin gimana caranya biar bisa nyisihin uang buat disimpen. Kalo ada simpen, kalo ga ada ya ga perlu dipaksain ada. santai aja lah, kalo emang rejeki mah pasti dapet.

Tujuan udah didapet, tinggal nentuin cara yang efektif. ada banyak pilihan sih, bisa di bank, celengan, simpen dalem kotak, dll. Kalo di bank sih bisa aja tapi tar ga praktis karena harus jalan dulu ke bank, repot.

Cara satu ini mungkin bisa jadi alternatif. beberapa waktu lalu aku ngobrol sama ponakan, bla, dan dia bilang dia pernah denger kalo nabung dengan cara tradisional bisa bikin kita lebih comitted lagi untuk nyimpen uang. Secara tradisional bukan nabung dalem celengan kendi atau celengan ayam ya, maksudnya disini nyimpen uang didalem amplop dan ditiap amplop tulisin deh tujuan yang tadi udah diputuskan kira-kira tar uangnya bakalan dibuat apa, jadi kalo tiba-tiba pengen ngutilin uang tabungan sendiri jadi sayang juga kan mau ngambilnya? :)



Nabung cara ini juga ga repot, cuma perlu amplop panjang sama spidol. amplopnya terserah mau yang warna coklat atau warna putih. Kalo yang biasa nerima gaji pake amplop coklat, mending pake amplop putih deh biar ga kelupaan kalo itu bukan uang gaji hihi..


Kalo mau lebih menarik lagi amplop-amplopnya bisa dihias sesuka hati. Nah, ini contoh celengan amplop yang aku buat, oh excuse my bad drawing haha ga gitu bakat jadi agak abstrak but I'm sure you can do better. Bebas juga mau nentuin tabungannya perhari, perminggu, atau perbulan dengan nominal berapa. Misalnya financial terbatas mending ga usah ditentuin waktu dan nominal daripada bikin stres, tapo kalo financial lebih dari cukup nabung perminggu/perbulan bisa jadi ide bagus.



Q: Apa hobi kamu?
A: Nabung pak
Q: Pantes kaya
A: Yeee.... bapak nih, saya itu kaya karena kerja dan usaha. Nabung mah hobi, sama kaya nulis, masak, ngenet, social networking, dll
Q: Enteng banget bilang nabung itu hobi. Pasti hidup dari harta warisan.
A: Yeh. Si bapak kalo ngomong suka asal. uang itu dicari buat dipake pak bukan buat disimpen, jadi nabung bukan masalah berduit apa ganya, tapi mau apa ganya. Kalo uang terbatas ngapain dipaksain nabung, mending dibeliin makan pak. kalo mau kaya ya usaha, cari kerja yang lebih baik.
Q: Jangan sok-sok ngajarin orang tua deh. kamu ga pernah susah, ga usah sok ngomong soal usaha.
A: Nah kan, jadi orang kok kayak bangga banget pernah susah, selalu diungkit-ungkit. Saya bukan ga pernah susah pak, saya cuma ga mau jadi susah. Itu juga kalo bapak ngerti maksud saya
Q: HEH! kamu sengaja bikin saya marah??
A: Yah malah emosi, maaf ya pak. Saya pergi dulu mau ngitung uang dirumah

Hmmm.... Just think about it :)

ps. thanks so much bla for your superb idea, works well :P

0 comments:

Post a Comment

 

Complete Mess Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review